Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat Keras Komputer
perangkat keras merupakan alat yang mendukung kinerja komputer yang bias dilihat secara langsung bentuknya secara fisik. Klasifikasi perangkat keras yaitu :
1. Perangkat Masukan (Input Device)
Yaitu digunakan untuk memasukkan data dan juga memberi perintah kepada komputer untuk selanjutnya data tersebut akan diolah dalam tahap pemrosesan data.
Contoh : keyboard, mouse, light pen, joystick, touch pad, trackball, sensor, scanner dan lain-lain.


Keterangan Gambar:
· Keyboar adalah papan kunci yang memungkinkan seorang user/pengguna untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.
· Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar.
· Scanner adalah alat input yang berguna untuk mentrasfer informasi baik berupa gambar maupun teks yang ada di kertas atau buku ke dalam komputer.
· Trackball adalah alat input berbentuk bola kecil yang berfungsi untuk menggerakkan pointer pada layar monitor.
· Joystick merupakan alat input yang digunakan untuk menggerakkan kursor atau objek pada layar monitor. Biasanya digunakan saat main games.
· Touchpad adalah alat input yang fungsinya sama dengan mouse namun berbentuk persegi dan datar yang sensitif terhadap tekanan atau gerakan di atasnya.
· Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
2. Perangkat Pemrosesan (Processing Device)
Yaitu perangkat yang digunakan untuk memproses data yang telah di inputkan. Yang termasuk alat pemrosesan yaitu : Mainboard, RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), processor, Sound Card, VGA Card, dan Power Supplay
Keterangan:
· CPU adalah peralatan yang digunakan untuk menjalankan semua program dan mengolah data. Seperti halnya mesin motor pada mobil, yangmengerjakan semuanya, dan membuat motor dapat berjalan.
· Prosesor adalah bagian dari perangkat keras komputer yang merupakan otak komputer. Alat ini menentukan sejauh mana kecepatan komputer melakukan instruksi.
· Motherboard adalah papan sirkuit utama untuk membentuk suatu system elektronik yang komplek seperti komputer.
· RAM (Random Access Memory) adalah alat yang digunakan untuk menyimpan intruksi yang sedang berjalan. Penyimpanan sementara
· VGA adalah fungsinya mengolah data grafis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
· Sound Card adalah Kartu suara. Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi sebagai pembangkit suara dalam PC.
· Power supply berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX.

3. Perangkat Keluaran (Output Device)
Yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan berupa informasi dari komputer. Adapun yang termasuk perangkat keluaran yaitu : monitor, printer, speaker, dan proyektor.
Keterangan:
· Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik.
· Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer.
· Speaker adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara
· Proyektor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan display dari layar monitor komputer ke suatu layar yang lebih besar baik itu berupa gambar maupun video.



4. Perangkat Penyimpanan Data (Storage Device)
Media penyimpanan data merupakan perangkat penyimpanan data eksternal pada komputer. Hasil olahan informasi dari komputer bias disimpa dalam perangkat ini. Perangkat penyimpanan ada dua yaitu:
· Primary storage, yaitu disebut main memory, adalah tempat input, program, hasil perhitungan sementara, dan output disimpan sementara sebelum atau setelah diproses CPU.Fungsi utama dari primary storage adalah untuk menyimpan program yang sedang dikerjakan. Fungsi lain dari primary storage adalah tempat data yang diperlukan oleh program yang sedang dikerjakan. Contoh: RAM
· Secondary storage, yaitu disebut juga auxiliary storage, membantu primary storage dengan menyediakan tempat untuk menyimpan program maupun data selama data tersebut belum diperlukan. Secondary storage dapat on-line (dikendalikan oleh CPU, dan selalu siap digunakan) maupun off-line (memerlukan pekerjaan manual sebelum dapat dibaca maupun ditulis oleh CPU).
5. Perangkat Keras Pendukung
· Disk Drive
· CD ROM
· CD RW Drive
· Stabilizer

Tidak ada komentar :

Posting Komentar